Newsletter subscribe

Oleh Administrator

Secangkir Kopi Opensorce : Website Gratis Untuk SD se Kota Madiun

post image
Posted : 10 Desember 2010   /   comments (0)

Openmadiun – madiun

Pada penghujung akhir tahun 2010 ini, openmadiun dot com, sebuah media komunitas yang memperjuangkan keberpihakan pada pemantapan komunitas lokal melakukan sebuah gebrakan lagi. Sebuah kegiatan yang bertajuk resolusi akhir tahun “secangkir kopi opensource” ini di luncurkan sebagai langkah awal tahapan kegiatan workshop yang akan di laksanakan oleh SMA Negeri 2 Madiun pada tanggal 6 Februari 2011 nanti.
Program kegiatan yang berupa pembuatan website gratis untuk sekolah dasar se kota Madiun ini memiliki tujuan upaya penggunaan aplikasi opensource untuk pembuatan website. Yosep Rusfendi, pengelola openmadiun dot com, menjelaskan bahwa pada program ini setiap sekolah dasar di kota Madiun akan diberi penawaran pembuatan website gratis dan online. “ Semuanya di berikan cuma-cuma, dari software, hosting dan sub domainnya. Jadi sekolah hanya tinggal mengembalikan formulir yang sudah di edarkan sebelum tanggal 15 Desember 2010 ini. Selanjutnya sekolah hanya tinggal mengikuti workshop pengelolaan website yang di adakan oleh SMA N 2 Madiun “ Dia juga menambahkan bahwa pembuatan website gratis  ini  dilakukan dalam kerangka pelaksanaan program kerja komunitas titah saraswati yakni sosialisai penggunaan piranti lunak sumber terbuka di segala bidang ( opensource – red).
Teguh Triyono salah satu pendiri komunitas titah saraswati pun menjelaskan bahwa pemberian website gratis ini masih dalam kerangka sosialisasi penggunaan aplikasi opensource lokal. “ Kita tetap dalam jalur penggunaan aplikasi opensource buatan anak bangsa. Kami menawarkan penggunaan aplikasi opensouce Auracms untuk pembuatan website. Selain mudah dan sederhana untuk penggunaannya tentunya.” Tuturnya.
Dia juga menegaskan bahwa program yang mengangkat visi sosial ini tentunya tidak akan terlaksana bila tidak ada berbagai pihak yang ikut andil dalam realisasi program ini. “Tentu saja pihak pelaksana secara teknis yakni SMA Negeri 2 Madiun dengan PC Club nya, mempunyai andil yang cukup besar untuk ikut serta melakukan sosialisasi program ini. Selain itu dinas terkait juga cukup memberikan respon yang positif.” tambahnya.
Program pembuatan website gratis untuk sekolah dasar se kota Madiun ini merupakan tahap awal sebelum di ikuti dengan workshop penggunaan aplikasi opensource yakni pengenalan penggunaan linux di lingkungan pendidikan dan penggunaan aplikasi opensource untuk website sekolah yang akan di adakan SMA Negeri 2 Madiun. Program ini akan menutup pendaftarannya pada tanggal  15 desember 2010. bagi sekolah yang belum mendapatkan formulirnya maka bisa mengunduhnya melalui link berikut ini.(kwr)

Comments (0)

write a comment
name email Website message