Newsletter subscribe

Oleh Administrator

MENKOMINFO AKAN RESMIKAN 70 DESA INFORMASI DI RIAU

post image
Posted : 28 September 2010   /   comments (0)

Pekanbaru, 23/5/2010 (Kominfo-Newsroom) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo RI) Tifatul Sembiring akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada 25-27 Mei 2010 mendatang sekaligus meresmikan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2010 di Pekanbaru.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Pengumpulan Data Elektronik (Diskominfo PDE) Provinsi Riau Ahmadsyah Haroffie di Pekanbaru, Minggu (23/5) mengatakan, Menkominfo akan meresmikan kegiatan PIN 2010 di Bandar Seni Raja Ali Haji, Pekanbaru, Riau, dengan acara utama meresmikan 70 Desa Informasi di Desa Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.
          
“Ke-70 desa ini telah ditetapkan Kemkominfo sebagai Desa Informasi bersama 1.600 desa se-Indonesia berdasarkan penilaian terhadap perkembangan teknologi di desa tersebut yang sudah mulai berkembang,” kata Ahmadsyah.
         
Menurutnya, aspek-aspek penilaian terhadap desa yang ditetapkan sebagai desa informasi difokuskan pada perkembangan teknologi informatika dan informasi seperti telekomunikasi, media elektronik, media tradisional dan internet, yang sudah berkembang di desa yang bersangkutan.
          
“Saat ini, baik internet, telekomunikasi, media elektronik dan media tradisional, telah berkembang pesat di desa-desa di Riau yang telah ditetapkan tersebut,” ujarnya.
          
Ahmadsyah menambahkan, kegiatan PIN 2010 diharapkan dapat meningkatkan sinergitas dan integrasi pemberdayaan masyarakat dalam bidang informatika dan komunikasi.
            Menurut dia
yang baru dilantik 12 Mei 2010 lalu sebagai Kepala Diskominfo PDE Riau, program nasional PIN 2010 telah berlangsung sejak 21 Mei hingga 27 Mei 2010.
          
Kegiatan nasional itu, katanya, merupakan perwujudan peningkatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap seluruh masyarakat Indonesia, terutama untuk mencapai target pemerintah pusat yang menetapkan tahun 2014 sebagai tahun pembangunan desa informasi di seluruh Indonesia.
            
"Pemerintah menargetkan tahun 2014 sebagai tahun pembangunan desa informasi, sehingga mulai dari sekarang teknologi informasi ini harus sudah berkembang di perdesaan," katanya.
            
Akhmadsyah menambahkan, menjelang kegiatan PIN 2010, Kementerian Kominfo melalui Badan Informasi Publik (BIP) menampilkan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Asmoro Bumi”  dan menampilkan Dalang Ki Warseno Slank dengan bintang tamu Mamik Prakosa. 
           
Pada pagelaran wayang kulit tersebut hadir Gubernur Riau, Staf Ahli Menkominfo Bidang Media Massa, Sekretaris BIP dan beberapa undangan yaitu Prof Dr Aras, Ir Sukemi, MBA, Drs Ardi Basuki, MSi dan masyarakat Pekanbaru.
          
Pada acara peresmian Desa Informasi di Tanjung Medang, Rupat Utara, Bengkalis, Provinsi Riau tersebut, Menkominfo akan menyerahkan bantuan secara simbolik perangkat TV, dekoder dan parabola dari Industri Penyiaran Berlangganan, perangkat internet, perangkat radio komunitas dan 60 set radio penerima siaran. (Az/ysoel).

Comments (0)

write a comment
name email Website message