Newsletter subscribe

Oleh Administrator

1.203 Pembina Kwarcab Magetan Terima Penghargaan Pancawarsa

post image
Posted : 14 Agustus 2011   /   comments (0)

Magetan - Sebanyak 1.203 pembina gerakan Pramuka di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dipastikan akan menerima tanda penghargaan Pancawarsa dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tahun 2011.

"Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kwarcab Pramuka Magetan. Banyaknya jumlah pembina yang menerima penghargaan ini telah membawa Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Magetan memecahkan rekor MURI," ujar Ketua Harian Kwarcab Pramuka Magetan, Sukadi, Sabtu.

Ia menjelaskan, sesuai rencana yang telah disepakati bersama, pemberian penghargaan Pancawarsa bagi ribuan pembina Pramuka tersebut akan dilakukan pada tanggal 26 Oktober mendatang di Alun-alun Magetan.

"Penyematan tanda penghargaan tersebut akan dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang juga sebagai Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur," terang Sukadi.

Pihaknya mengakui jika penyematan penghargaan tersebut tidak dapat dilakukan bertepatan dengan Hari Pramuka Nasional tanggal 14 Agustus. Hal ini karena beberapa alasan, di antaranya adalah keterbatasan dana untuk memberikan secara serentak dan waktu yang tidak memungkinkan karena bertepatan dengan bulan puasa.

"Selain itu, saat ini proses pencatatan ke MURI belum selesai. Sebelumnya, kami sudah melakukan pendaftaran dan sudah disetujui mengingat jumlah penerimanya yang cukup besar, yakni mencapai 1.203 orang," kata Sukadi yang juga dijadwalkan menerima penghargaan serupa.

Sementara, Ketua Kwarcab Pramuka Magetan, Hj Nanik Endah Rusmiati atau biasa disapa Nanik Sumantri, mengatakan banyaknya jumlah pembina yang menerima penghargaan di wilayahnya ini merupakan kerja keras dari semua anggota gerakan Pramuka yang ada.

"Ini merupakan kerja sama yang baik dari semua anggota. Baik di tingkat siswa, guru pembina, kepala sekolah, hingga camat. Mereka telah melakukan tugasnya masing-masing dengan baik," ujar Nanik.

Diharapkan dengan banyaknya pembina yang menerima penghargaan Pancawarsa ini, gerakan Pramuka di Kabupaten Magetan semakin berkembang. Demikian juga, para pembina yang menerima penghargaan diharapkan lebih termotivasi agar tetap eksis dalam memajukan organisasi kepramukaan.

Pancawarsa adalah tanda penghargaan untuk pembina Pramuka, yang menandai kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan, dan ketertiban anggota dewasa gerakan Pramuka, dalam menunaikan tugas kewajibannya selama lima tahun atau kelipatan lima tahun.

Comments (0)

write a comment
name email Website message